travel

[travel][threecolumns]

review

[review][twocolumns]

Pembangunan Insfrastuktur itu Penting, Biar Traveling ke Raja Ampat Gak Terlalu Mahal

Traveling ke Raja Ampat adalah pengalaman yang sulit terlupakan oleh peserta tour wisata. RAJA AMPAT, pulau di Indonesia bagian timur memiliki pantai yang indah berpasir putih, hutan tak tersentuh dan tersembunyi yaitu laguna biru, tempat yang sempurna untuk pariwisata.

Sungguh sangat membanggakan jika melakukan diving ke tempat terkenal yang terletak di provinsi Papua Barat. Pemerintah daerah pulau ini memiliki slogan menarik untuk calon pengunjung.
Sementara keindahan alam memiliki keanekaragaman hayati tertinggi di dunia. 

Ikan dan karang dicatat oleh para ilmuwan dan mengagumkan  untuk menarik penyelam pemandangan bawah laut. Selain itu, pemerintah daerah berharap untuk juga menarik pengunjung lebih santai dipantai.

jokowi araja ampat


Sebagai bagian dari upaya tersebut, Indonesia telah meluncurkan proyek-proyek infrastruktur utama yang bertujuan untuk memudahkan wisatawan  untuk mengunjungi Raja Ampat. Raja ampat berarti Empat Raja yang menunjukkan empat pulau utama yang  berusaha untuk menjaga  keseimbangan alam. Antara mempromosikan pulau surga sekaligus melindungi ekosistem laut yang rapuh di sana.

Untuk saat ini, proyek-proyek infrastruktur difokuskan pada peningkatan jalur  dari dua bandara yang saat ini melayani rute penerbangan ke pulau-pulau.

Dengan adanya penerbangan langsung ke Raja Ampat, pengunjung langsung menuju ke pulau-pulau untuk mengambil penerbangan domestik ke bandara di kota Sorong terdekat, sebelum naik perahu selama dua jam.

Bandara utama di Sorong akan menjalani proyek untuk mengaktifkan akomodasi penerbangan internasional. Sedangkan perbaikan juga sedang dilakukan untuk memungkinkan bandara kecil di Raja Ampat. Saat ini hanya jalur Sorong ke Raja Ampat yang mempunyai layanan penerbangan domestik dari kota-kota lain di Indonesia.

Dan tak lupa untuk berencana membangun hotel bintang lima di pulau Waigeo, meskipun pemerintah daerah tidak memberikan pernyataan khusus untuk rencana tersebut.

Mengembangkan infrastruktur dan meningkatkan pengembangan pariwisata di Raja Ampat merupakan bagian dari janji Presiden Joko Widodo untuk lebih fokus perhatian ke wilayah Papua. Dua provinsi di wilayah ini yaitu Papua Barat dan Provinsi Papua adalah di antara yang paling maju dan paling miskin dari 34 provinsi. Papua juga telah terjadi konflik separatis panjang berjalan sejak dimasukkan ke Indonesia di tahun 1960-an.

Bapak Jokowi telah membuat setidaknya empat jalur perjalanan ke wilayah tersebut sejak menjadi Presiden. Ketika ia mencoba untuk menarik negara ke dalam arus utama serta meredakan ketegangan antara separatis dan pasukan keamanan .

Pemerintah Jokowi telah berjanji selama kampanye bahwa Indonesia harus dibangun dari pinggiran dan bukan hanya dari pusat. Itu berarti juga harus ada pembangunan di desa-desa dan daerah terpencil.

Sebagai tantangan pembangunan dan infrastruktur, ada juga masalah menarik investasi ke daerah yang kaya sumber daya alam, namun masih jarang penduduknya.

Untuk permata indah Raja Ampat, bagian dari itu berarti mengatasi tugas berat memikat investor untuk membangun fasilitas pariwisata lainnya seperti hotel mewah dan menu yang baik dari restoran yang semuanya akan membantu untuk banyaknya wisatawan.

Dari perspektif pasar jadi ada insentif minimum untuk mengembangkan daerah itu. Tapi berpikir dari perspektif nasionalisme ekonomi, tentu saja ini sangat penting karena Papua juga merupakan bagian dari Indonesia. Jadi kita tidak bisa meninggalkan Papua terlalu jauh dalam keterbelakangan.

Mengingat pentingnya sumber daya laut Raja Ampat, Kementerian Pariwisata menekankan bahwa akan mempromosikan pulau sebagai tujuan minat khusus untuk wisata bahari. Ia mengatakan untuk menyadari bahwa upaya pengembangan pariwisata pulau-pulau harus dikalibrasi dengan hati-hati untuk memastikan mereka tidak memiliki dampak negatif pada lingkungan.

Pemerintah Indonesia tentu harus meningkatkan minat travelling ke Raja Ampat, Papua. "Tentu saja kita perlu lebih banyak volume wisatawan, tapi kami tidak ingin menghancurkan lingkungan alam," kata wakil menteri Indonesia untuk pengembangan promosi wisata. Jadi kita harus menghitung kapasitas pariwisata kita serta bagaimana mengembangkan daerah tanpa merusak lingkungan.
Imam Mahmudi

Creativepreneur, Techno and Travel Blogger | Digital Media Enthusiast

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

11 komentar :

  1. Waktu ada pembangunan infrastruktur ini aku juga semangat. Ya lagi2 biar pariwisatanya lancar. Kenapa ke daerah timur mahal ya karena transportasi ke sananya kan gak mudah

    BalasHapus
  2. Aku setuju perlunya pembangunan infrastruktur yang merata, bukan hanya agar pariwisata lancar, tapi juga pasokan kebutuhan pangan bisa lebih lebih murah. Tapi semoga saja dengan dipermudahnya akses wisata, tidak merusak keindahan alam.

    BalasHapus
  3. aih...ngomongin Raja Ampat kan bikin mupeng. Salut unutk pemerintah yang memperhatikan beragam aspek dalam industri pariwisata

    BalasHapus
  4. Siapa pun pasti pengen ke Raja Ampat, sayang biaya ke sana cukup mahal. Para wisatawan tentu harus merogoh kocek cukup dalam untuk menikmati liburan bahari nan indah. Hal ini tentu sebaiknya sebanding dengan fasilitas yang tersedia di sana.

    BalasHapus
  5. Raja Ampat.
    Akhir-akhir ini banyak yang sedang membicarakannya. Atau karena akan ada Festival Pesona Raja Ampat 2018 tanggal 18-21 Oktober esok yaa...

    Melihat foto dan wisatanya yang indah, rasanya wajar banyak infrastruktur yang dibangun di sana.
    Bakalan menghadirkan pundi-pundi devisa negara ini.

    BalasHapus
  6. iya tuh, kalau mau mengembangkan papua dan menarik wisatawan, jangan sampai ekologinya dibabat habis. Sebisa mungkin pemerintah mengatur pariwisata yang bersahabat dengan alam. Juga memberikan larangan tertentu yang tegas bagi para wisatawan, supaya mereka gak teledor dan menghormati bumi Papua

    BalasHapus
  7. Setuju banget aku untuk pembangunan menuju ke lokasi2 wisata ini. Soalnya pernah ngalami pas di samarinda mau ke derawan aja biayanya uda kaya pelesir ke luar negeri. Padahal kami berada di propinsi yang sama hiks.. Apalagi ke raja ampat, makin mahal lagi kami menjangkaunya

    BalasHapus
  8. Pembangunan infrastruktur dengan tetap memperhatikan keseimbangan alam itu keren. Jangan sampai, hanya untuk meningkatkan wisatawan, pemerintah mengorbankan alam dan makhluk hidup di dalamnya

    BalasHapus
  9. Setuju sekali, perihal pentingnya pembangunan infrastuktur di daerah itu penting dilakukan agar mampu melancarkan perputaran ekonomi serta menjadikan kemudahan bagi warga sekitar untuk.mengakses daerag2 lain, selain mempercepat perkembangan daerah, pembangunan infrastuktur juga bisa mendorong dalam meningkatnya perekonomian daerah.

    BalasHapus
  10. Bener jg.. kalau byk wisatawan yg datang.. nanti khawatir terumbu karanv jg rusak ya. Jadi pelan pelan saja lah.. yg Penting infrastruktur sudah mulai dibangun di raja ampat

    BalasHapus
  11. Wah benar nih, jangan pembangunan pariwisatanya aja yang bisa buat dinikmatin tapi juga perawatan dan lindungannya agar nggak rusak dan tetap jadi kekayaan alam negara! Semoga suatu saat bisa ke sini selama seminggu wkwkwk

    BalasHapus


tekno

[tekno][threecolumns]

video

[video][grids]