WhatsApp Channel: Cara Efektif untuk Menjangkau Pelanggan

Om Imam
By -
0
whatsapp channel

WhatsApp Channel adalah fitur baru dari WhatsApp yang memungkinkan pengguna untuk membuat saluran untuk berbagi informasi dan konten dengan pengikut mereka. Channel bersifat satu arah, sehingga pengikut tidak dapat mengirim pesan ke admin.


WhatsApp Channel memiliki beberapa manfaat untuk bisnis, antara lain:


Meningkatkan visibilitas dan kesadaran merek: Dengan WhatsApp Channel, bisnis dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dengan membagikan informasi dan konten terbaru mereka.

Membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan: WhatsApp Channel memungkinkan bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan secara lebih personal dan membangun hubungan yang lebih kuat.

Meningkatkan penjualan dan konversi: WhatsApp Channel dapat digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan baru, menawarkan diskon dan penawaran khusus, dan menjawab pertanyaan pelanggan.


Fitur Saluran WhatsApp resmi diperkenalkan di Indonesia sejak awal bulan September. Fitur ini memiliki kemiripan dengan Channel Telegram yang memungkinkan pengguna untuk bergabung dengan saluran yang telah terverifikasi guna mendapatkan berita terkini. 


Anda dapat menemukan Saluran WhatsApp di tab "Pembaruan," sehingga sekarang tab status WhatsApp telah berganti nama menjadi "Pembaruan." Ketika Anda bergabung dengan salah satu saluran WhatsApp, komunikasi bersifat satu arah, yang berarti pengguna tidak dapat merespons pesan atau informasi yang dibagikan oleh admin. 


Pengguna hanya dapat berinteraksi dengan memberikan reaksi emoji terhadap informasi yang dibagikan oleh admin. Menurut informasi resmi dari WhatsApp, tidak semua pengguna WhatsApp dapat membuat Saluran WhatsApp. 


Hanya individu dan organisasi yang bekerja sama dengan Meta (perusahaan induk WhatsApp) yang memiliki kemampuan untuk membuat Saluran WhatsApp. Jika perusahaan atau organisasi Anda memenuhi persyaratan verifikasi Meta, berikut adalah panduan resmi dari WhatsApp untuk membuat saluran di WA:


Langkah-langkah untuk membuat Channel di WA adalah sebagai berikut:

  • Buka akun WhatsApp Anda.
  • Klik tab "Pembaruan."
  • Klik "Mulai," lalu lanjutkan dengan menambahkan nama saluran. Nama Channel WA dapat diubah kapan saja.
  • Tambahkan deskripsi saluran. Anda memiliki opsi untuk menulis deskripsi untuk pengikut Channel WA Anda.
  • Tambahkan ikon Channel WA. Anda dapat mengunggahnya dari perangkat telepon atau menggunakan versi web.
  • Klik "Buat saluran."
  • Fitur Channel WA ini akan tersedia di tab/menu "Pembaruan" setelahnya.

Sementara itu, berikut adalah cara untuk bergabung dengan Saluran WhatsApp:

  • Klik menu pembaruan di WhatsApp.
  • Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi "Saluran." Di sini, pengguna akan diberikan rekomendasi akun Channel WhatsApp yang dapat diikuti.
  • Selain dari rekomendasi tersebut, pengguna juga dapat menggunakan opsi "Cari Saluran" untuk mencari sendiri akun saluran sesuai keinginan.
  • Pada opsi "Cari Saluran," pengguna dapat mencari akun saluran berdasarkan beberapa kategori seperti "paling aktif," "populer," atau "wilayah.".

Setelah menemukan channel yang sesuai keinginan, klik ikon tambah, dan saluran tersebut akan otomatis ditambahkan ke daftar saluran di menu pembaruan WhatsApp.

Setelah berhasil ditambahkan, tampilan daftar status WhatsApp akan berubah menjadi horizontal seperti tampilan Instagram Story. Demikianlah cara membuat Channel WhatsApp dan bergabung untuk mendapatkan berita terkini dari akun tertentu. Selamat mencoba.


Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!