Di Balik Kerennya Visual Effect Star Wars Edisi “Tangan Kosong”

Om Imam
By -
0
Image: http://cdn1.dibujos.net/images/blog/galeria/hama.starwars.jpg
Sangat mengagumkan! Hanya itu kata-kata yang pantas untuk para illustrator dan visual effect di balik kesuksesan film Star Wars: Empire Strikes Back dan Return of The Jedi.

Mereka adalah Mike Pangrazio, Christopher Evans, Ralph Mcquarrie, Peter Ellenshaw dan Frank Ordaz. Kelimanya, mampu membuat film Star Wars yang diproduksi awal tahun 80-an itu terlihat begitu nyata dan hidup.

Point yang paling mengagumkan tapi bukanlah itu. Melainkan pada masa itu, belum digunakan teknologi Computer Generated Imagery (CGI) seperti sekarang. Kesimpulannya, animasi kedua film tersebut dibuat secara manual alias tangan kosong, keren banget’ kan ya?

Di kesempatan ini, mari kita lihat beberapa proses kreatif kelima creator di atas dalam mendukung kesuksesan Star Wars edisi terdahulu. 

Ewok Village

Gambar: http://makingfx.net/wp-content/uploads/2011/02/5958.jpg
Berpikir hutan ini ada di dunia nyata? Jawabannya, nol besar. Ini adalah gambar Ewok Village (tree village) yang terletak di forest moon of the Endor hasil lukisan dari Frank Ordaz.

Slave I


Gambar: http://www.bobafettfanclub.com/multimedia/galleries/albums/userpics/10001/slave-1-matte-painting-peter-ellenshaw.jpg (before) 


http://livedoor.blogimg.jp/sizen_go/imgs/3/d/3d72dab5.jpg (after)

Slave I, kendaraan milik Boba Feet, si Pemburu Hadiah yang ditakuti di Galaxy, sedang diciptakan oleh Peter Ellenshaw.

Millennium Falcon


Gambar: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEii8-pcRNyj3lBKndX-oYlX2HpLhXQG4DyABbaqEJpW1osptqsBym_VLTz_DsedxpTBcTdLDG8KhYvUDcW4S0ib2OyHWt407Jg_X8J1vEG9JHuA8tvDLR0s5M11Htg_rjVuBHydeScaabs/s1600/Ralph+Star+Wars1.jpg

Tahu kan ini starship siapa? Ya bener! Ia adalah starship pemberontak paling legendaris di bawah komando kapten Han Solo dan co-pilot Chewbacca.


Stromtroopers


Gambar: http://kradodesign.com/wp-content/uploads/2015/01/incredibly-detailed-background-paintings-from-the-empire-strikes-back-and-return-of-the-jedi-11.jpg

Ilustrasi stormtroopers, tentara militan yang dilengkapi kemampuan bertahan di segala medan. Sebelum menjadi karakter yang diperankan manusia, mereka digambar oleh Christopher Evans.   

Spaceship Imperial Star Destroyer                   

Gambar set untuk Imperial Sutter, Revell Star Warship X, dan Millennium Falcon di Imperial Star Destroyer karya Mike Pangrazio.


Gambar: http://cdn.atl.clicrbs.com.br/wp-content/uploads/sites/27/2015/01/star7.jpg

Tapi itu semua zaman dulu! Sekarang? Canggihnya gak ketulungan. Buktinya, film Star Wars terbaru The Force Awakens banyak ditunggu-tunggu pecinta film di seluruh dunia. Bahkan lego Star Wars sudah rilis duluan sebelum film aslinya tayang pada tanggal 18 Desember 2015 nanti.  

Penyebabnya tak lain, selain rasa kangen para fans terhadap tokoh-tokohnya, terutama Hans Solo yang diperankan  Harrison Ford yang kembali ambil bagian (sebelumnya ia tidak bermain dalam empat sekuel Star Wars yaitu The Phantom Menace, Attack of The Clones, Revenge of The Sith, dan Clone Wars), juga disebabkan rasa penasaran para fans mengenai transformasi visual effect versi “tangan kosong” ke visual effect dan animasi tercanggih abad ini.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!