travel

[travel][threecolumns]

review

[review][twocolumns]

Ini Baru Website yang Fun Sekaligus Edukatif buat “Kids Zaman Now”

Kemarin, Kamis, 02 November 2017, di salah satu kafe di bilangan Jakarta Selatan, saya berkesempatan datang ke sebuah acara KINCIR.com Bagi yang belum tahu, Kincir.com merupakan portal informasi hiburan yang edukatif untuk generasi Z.

Sebetulnya, Kincir bukan nama yang asing. Sepengetahuan saya dulu KINCIR adalah situs media sosial khusus anak muda berbasisi oline fans club pertama di Indonesia. Saat itu, bisa dibilang KINCIR sebagai sebuah forum interaksi antara fans dan idolanya juga antara fans dengan fans lainnya untuk berbagi informasi. Mulai dari konser, meet up, hingga menyentuh aktivitas sehar-hari snag idola. 

Baru sejak 2016, KINCIR meluaskan platform-nya, bukan sebatas forum interaksi. Lebih dari itu, menjadi portal media khusus anak muda yang menyukai pop culture. Perubahan ini dilatar belakangi, menurut Giring Ganesha CEO dan Co-Founder KINCIR dalam acara ini, untuk menjangkau generasi Z. Pasalnya, generasi Z sangat unik dan saat ini sangat sedikit portal online yang mewakili Gen Z ini, padahal mereka sangat haus akan hiburan, dan informasi yang sesuai dengan ketertarikannya.



“Mereka adalah generasi yang selalu berusaha mengikuti tren terbaru, menyukai kebebasan, suka mencoba pengalaman baru, pergi liburan, sangat antusias menjadi bagian dari komunitas untuk didengar, senang tampil dan berbagi dengan orang lain,” Ujarnya

Istilahnya, generasi Z menurut saya sama dengan ‘Kids Zaman Now’, terminologi yang baru-baru ini hits.

Kecenderungan positif generasi Z di atas ini, tidak serta luput dari kecenderungan negatif. Hal ini disebabkan generasi Z, di tengah massive-nya informasi dan kecepatan komunikasi media sosial dan internet, rentan terjebak ke dalam pengaruh buruk. Sebagai bukti, frasa “Kids Zaman Now” konotasinya negatif, bahkan sudah diasosiasikan dengan ‘kealayan’ dan kenakalan yang tak wajar.

Karena itu, “KINCIR hendak hadir di antara mereka untuk memberikan pengaruh positif dengan menyajikan konten-konten terpercaya, menghibur, dapat dipertanggungjawabkan, edukatif tapi sekaligus juga fun dan dibalut oleh visual yang menarik“ ujar pria yang juga vokalis dari salah satu band ternama Indonesia ini.

Setelah mendengar penjelasannya, saya langsung saja meluncur ke website-nya. Dengan mengusung tagline “We Are Young” disertai tampilan yang lebih fun, setidaknya ada 5 menu utama (rubrik) KINCIR, yaitu sebagai berikut:

Geeky, isinya konten-konten tentang budaya pop unutuk anak muda  khususnya lelaki seperti film komik, game, anime, teknologi, dan sains

Chillax, memuat gaya hidup generasi muda, seperti pengetahuan dunia, relationship, traveling, kuliner, kesehatan, edukasi, dan pekerjaan.

Icon, rubrik yang membahas sosok-sosok ternama atau figur publik, sosok yang sedang viral, dan tokoh-tokoh inspiratif di semua bidang

Turbo, rubrik yang berisi konten-konten otomotif, kendaraan-kendaraan keren, tips modifikasi, dan lain-lain

Style, yang terakhir ini berisi segala informasi yang bisa menginspirasi terkait fashion, mulai dari cara memadukan pakaian, aksesoris, sepatu, hingga gaya rambut khusus anak muda.

Seru kan? Kalau penasaran, kamu bisa lihat video tentang website dan kelima rubriknya nya di bawah:

A post shared by kincirdotcom (@kincirdotcom) on


Segala langkah positif untuk memfasilitasi kebutuhan dan hobi generasi muda (khususnya Cowok Gen Z) harus diapresiasi. Apalagi kalau hal itu bernilai edukatif dan inspiratif, seperti halnya KINCIR. Biar istilah “Kids Zaman Now” menjadi generasi yang kreatif dan bermanfaat bagi semua orang. 



Imam Mahmudi

Creativepreneur, Techno and Travel Blogger | Digital Media Enthusiast

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :


tekno

[tekno][twocolumns]

video

[video][grids]