Relawan, Musim Hujan dan Perahu Karet - tujuhrupa.com

Relawan, Musim Hujan dan Perahu Karet

Tiba-tiba teringat masa di mana saya menjadi salahsatu relawan sebuah lembaga sosial. Dulu saat masih kuliah saya memang orang yang tidak hanya ingin menjadi mahasiswa kupu-kupu alias kuliah pulang – kuliah pulang. Mencoba berorganisasi sesuai minat dan bakat, ikut aktif di organisasi kemahasiswaan internal kampus membuat saya kurang berpuas, karena hanya terbatas di kampus saja, sayapun mencoba bergabung dengan sebuah lembaga sosial ternama, dulu namanya Rumah Zakat Indonesia, sekarang Rumah Zakat. Banyak pengalaman dan pelatihan yang didapatkan saat menjadi relawan RZI, dan diantaranya yang paling menarik adalah ikut terjun langsung ke daerah bencana.


Daerah bencana dalam pikirannya saya adalah hanya bencana-bencana alam yang besar sepeti gempa, gunung meletus, tsunami, namun ternyata daerah bencana juga bisa jadi terjadi di sekitar kita atau bahkan di daerah kita sendiri, bencana banjir. Hujan yang terus mengguyur dengan intensitas tinggi dan waktu yang relatif lama bisa menyebabkan suau wilayah mengalami banjjir. Banjir bukannya hanya karena faktor alam, namun tak kalah penting adalah perilaku dan kebiasaan manusia yang menjadi sebab dari banjir. Membuang sampah sembarang sehingga menyebabkan aliran air terhambat dan menjadi genangan kemudian meluap semakin tinggi.

Pada peristiwa banjir proses evakuasi adalah hal penting yng harus dilakukan, pernah pada saat mengalami situasi tersebut saya ikut menyisir lokasi banjir menggunakan perahu karet dengan untuk melakukan proses evakuasi. Peristiwa ini saya alami saat Jakarta dilanda banjir yang cukup besar, lokasibanjir yang kami sambangi pada saat itu adalah di Kampung Pulo Jakarta Timur. Saya dan beberapa teman sesama relawan juga membuka dapur umum di parkiran sebuah gedung pinggir jalan sekaligus menjadi salah satu tempat pengungsian.


Jika siang dan sore hari (pada saat itu) kami menyusuri dan manyambangin warga dengan perlengkapan obat untuk memeriksa keadaan warga dan sigap jika ada dari warga yang membutuhkan bantuan.

Namun sekarang semoga peristiwa banjir di Jakarta khususnya di wilayah Kp. Pulo tidak terjadi lagi, karena banyak dari mereka memang sudah direlokasi ke rumah susun dan kali Ciliwung juga sudah diperdalam juga bantarannya diperlebar. Saya bersyukur pernah menjadi bagian dari pekerja sosial dan banyak mendapatkan pelajaran berharga dari kegiatan tersebut.



A photo posted by imam mahmudi (@tujuhrupa) on

Lakukan kebaikan untuk orang lain, niscaya kebaikan tersebut juga akan sampai kepada dirimu sendiri…
Relawan, Musim Hujan dan Perahu Karet Relawan, Musim Hujan dan Perahu Karet Reviewed by Imam Mahmudi on 22.10.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.