Agar Data Kartu Kredit Tidak Bocor - tujuhrupa.com

Agar Data Kartu Kredit Tidak Bocor

Tips Transaksi Aman menggunakan Kartu Kredit di Toko Fisik dan Online

Saat ini banyak cara dan metode pembayaran untuk menyelesaikan transaksi belanja, baik online maupun offline. Salah satunya dengan menggunakan kartu kredit; adalah jenis pembayaran untuk menyelesaikan transaksi dan sistem kredit, umumnya diterbitan oleh bank kepada seseorang atau non-perseorangan dengan ketentuan tertentu. Kartu kredit diterima dalam bentuk fisik kartu dan umumnya terdapat 16 digit angka di tampilan muka, tanggal/bulan expired dan sebuah 3 angka CVV (Card Verication Value) di belakang kartu. Pembayaran dengan kartu kredit semakin banyak digunakan, selain faktor praktis, promo dan penawaran spesial biasanya diberikan oleh penerbit kartu kredit bekerja sama dengan merchant tertentu, baik online maupun toko fisik (offline)

Saya termasuk pengguna kartu kredit yang cukup sering bertransaksi secara online. Salah satu alasannya adalah karena kemudahan dan penawaran lebih menggunakan kartu kredit. Dan juga ada beberapa kebutuhan yang harus saya penuhi yang transaksinya hanya bisa dilakukan menggunakan metode pembayaran kartu kredit, misalnya: belanja iklan di Google Adwords, maklum saja, karena profesi yang sedang saya geluti sebagai digital marketing professional.



Selain untuk pekerjaan, transaksi yang paling sering saya lakukan adalah memesan tiket pesawat, kereta api dan hotel secara online dengan menggunakan metode pembayaran kartu kredit. Untuk hal ini, biasanya saya memesan tiket atau voucher hotel di salah satu website online booking Tiket.com. Saya memjadi member di Tiket.com sudah cukup lama, 5 Agustus 2012 dan saat ini point yang sudah didapat 3.293 point. Selain untuk keperluan travel, di situs yang didirikan dan telah beroperasi pada tahun 2011 ini menyediakan juga tiket event & attraction, Selisih harga dari situs serupa lumayan, dan yang paling penting buat saya adalah banyaknya pilihan metode pembayaran di Tiket.com. Transaksi di Tiket.com menggunakan kartu kredit memang cukup ketat, setelah memasukkan nomor kartu, transaksi masih harus melewati sistem verifikasi dari pass code yang dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone terdaftar. Ini sangat memberikan rasa aman untuk penggunanya, karena transaksi yang berhasil adalah harus melewati sistem pass code by sms tersebut.

Saya menyadari 1 hal penting ketika melakukan traksaksi menggunakan kartu kredit. Kemarin (Sabtu, 13 Feb) saya terpilih menjadi salah satu peserta dari 50 blogger yang hadir di acara #NgopiBarengTiket (Ngobrol Penuh Inspirasi) di Hongkong Cafe Jakata, bahwa rentannya pencurian dan penyalahgunaan data terkait bocornya kartu kredit sering terjadi di toko fisik (offline), walaupun Bank Indonesia (BI) sudah mengeluarkan kebijakan tentang penggunaan PIN di kartu kredit. Kasir atau karyawan nakal biasanya mencuri data kartu kredit konsumen dengan mencatat atau memfoto kartu tersebut secara illegal. Dan perlu dingat bahwa ternyata jika seseorang sudah memiliki 16 digit nomor kartu dan 3 digit CVV, mereka bisa melakukan transaksi online dari situs yang tidak memperketat sistem pembayarannya. Hal ini harus menjadi perhatian lebih bagi pemerintah di kementerian terkait juga Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA - (idEA – Indonesian E-Commerce Association) sebagai wadah komunikasi antar pelaku E-commerce Indonesia.    

Saya merekam acara #NgopiBarengTiket, di video ini ada beberapa pemaparan menarik, yaitu: 
  1. Sekilas tentang Tiket.com
  2. Potensi online market di Indonesia
  3. Tips aman bertransaksi menggunakan kartu kredit
  4. Menghadapi kompetitor dalam bisnis

Natali Ardianto (Co-Founder Tiket.com), berbagi tip sederhana saat kita melakukan transaksi offline menggunakan kartu kredit:
Kalau bertransaksi menggunakan kartu kredit (Di toko fisik), “Temani” kartu kredit-nya, jangan biarkan jalan ke kasir sendiri, hal ini dilakukan agar tidak dicuri datanya dengan mencatat atau memfoto kartu kredit tersebut oleh karyawan nakal.

Walaupun video ini hanya direkam dari kamera handphone, tapi suaranya cukup jelas kok, silahkan ditonton


Note:

Gunakanlah kartu kredit dengan bijak, cermat dan tepat sesuai kebutuhan dan kemampuan. #SelfNote ^^
Agar Data Kartu Kredit Tidak Bocor Agar Data Kartu Kredit Tidak Bocor Reviewed by Imam Mahmudi on 15.38.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.