5 Langkah Mengatur Gaji Bagi Fresh Graduate - tujuhrupa.com

5 Langkah Mengatur Gaji Bagi Fresh Graduate


Mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang diinginkan tentu menjadi dambaan bagi setiap orang, terlebih lagi bagi para Fresh Graduate. Rasa senang telah menyelesaikan pendidikan yang telah dilalui dengan segala daya upaya dan terkadang penuh rintangan telah berakhir. Tapi dewasa ini dengan kondisi perekonomian yang banyak orang bilang sedang melemah, mencari pekerjaan bagi para lulusan baru tidak semudah menemukan pacar baru.

Tapi bukan berarti tidak ada satu pun pekerjaan yang tersedia, diluar sana masih banyak perusahaan yang menyediakan pekerjaan yang dapat kita coba ambil meskipun mungkin hal yang ditawarkan seperti gaji belum seperti yang kita inginkan.
Sabar, adalah kunci untuk mendapat pekerjaan sesuai keinginanmu. Tapi sebelumnya kamu juga harus bersikap realistis, jangan terlalu memilih-milih pekerjaan. Dengan kondisi keuangan yang menyusut, tentu saja setiap pengeluaran harus dihitung dengan sebaik-baiknya.


Jika sudah berhasil masuk dunia kerja, bersyukurlah terlebih dahulu karena artinya kamu sudah mendapat kesempatan untuk mulai menata lagi keuanganmu. Selanjutnya kamu harus mulai menyusun rencana anggaran. Berikut tips mengatur uang untuk kalian yang baru memulai karir:

Rencana pengeluaran mingguan
Buatlah perhitungan untuk pengeluaran seminggu ke depan. Tentukan pengeluaran yang sekiranya akan kamu keluarkan dalam seminggu, misalnya bensin kendaraan dan uang makan.

Paksakan menabung
Paling tidak, 30% dari total gaji kamu harus masuk rek tabungan. Jika perlu, buatlah tabungan berjangka yang tidak bisa ditarik dan langsung potong dari rekening gaji kamu.

Membawa bekal
Ada dua alasan mengapa kamu sebaiknya membawa bekal ke kantor. Pertama, bagi kamu yang tidak terlalu punya banyak pilihan tempat makan, membawa bekal bisa menjadi alternative ketika kamu mulai merasa jenuh dengan makan siang yang itu-itu saja. Alasan kedua adalah kesehatan, berbeda dengan membeli makan di luar, tentu saja bekal dari rumah sudah dapat dipastikan kebersihannya.

Mencari lungsuran pakaian kerja
Tampil rapi dan professional merupakan suatu keharusan. Tidak perlu baju, sepatu, atau tas dengan harga mahal, yang penting rapi dan enak dilihat. Tidak perlu membeli baju secara terus-menerus, coba saja mencari lungsuran baju bekas kondisi bagus dari kakak/paman/sepupu. Bisa juga bertukar pakaian dengan saudara/sahabat, jadi seolah-olah kamu punya banyak koleksi baju kerja.

Cari produk diskon
Alternative lain yaitu hunting discount! Sekarang sudah banyak sekali promo-promo yang banyak menguntungkan, dari mulai kebutuhan kecil sampai besar. Coba saja cari penjual kemeja harga murah dengan kualitas terjamin. Rajin-rajin membuka review dari brand-brand lokal.

Begitulah kira-kira tips mengatur keuangan bagi kamu yang baru mulai memasuki dunia kerja. Bukan soal berapa jumlah gaji yang kamu terima setiap bulan, tetapi yang terpenting adalah bagaimana kamu mengatur dan mengelola gaji. Kalau kamu sudah bisa mengatur keuanganmu sendiri dengan baik, pastinya secara perlahan kamu akan beranjak mapan.

Image source: http://styleresumes.com/wp-content/uploads/2014/07/fresh-grad.jpg
5 Langkah Mengatur Gaji Bagi Fresh Graduate 5 Langkah Mengatur Gaji Bagi Fresh Graduate Reviewed by Imam Mahmudi on 15.07.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.