Nostalgia Permainan Tradisional Yang Penuh Manfaat. - tujuhrupa.com

Nostalgia Permainan Tradisional Yang Penuh Manfaat.


Sesuatu yang bersifat klasik ataupun tradisional tidak selamanya terasa membosankan. Siklus trend diberbagai bidang seperti film, musik, atau fashion kerap berulang kembali ke beberapa waktu ke belakang. Dalam hal musik tentu sekarang ini kembali banyak musisi yang menambahkan nuansa klasik atau vintage ke dalam warna musiknya, tak hanya itu beberapa musisi tanah air kembali membangkitkan geliat piringan hitam (vinyl) dengan mengeluarkan album dalam bentuk vinyl. Industri Fashion tanah air pun masih tetap jaya dengan menggabungkan nuansa tradisional dalam bentuk kain tradisional yang dipadupadankan dengan busana masa kini, atau pakaian model terkini dengan motif batik.



Di tengah banyaknya keberhasilan memadukan hal tradisional dan modern di berbagai bidang, sayangnya permainan tradisional Indonesia justru terdesak dengan berbagai permainan modern di dalam gadget atau console game. Padahal bagi saya permainan tradisional Indonesia tidak kalah menarik dan yang paling penting permainan – permainan yang ada begitu memiliki banyak manfaat.



Berbagai manfaat saya rasakan ketika bermain permainan tradisional, seperti saat bermain galasin sebuah permainan yang membagi pemainnya dalam dua kelompok, satu kelompok yang akan bertahan dan satu lagi yang akan menyerang dalam bentuk melewati halangan yang dibuat oleh kelompok bertahan. Kelompok bertahan akan membentuk sebuah kotak dengan 4 hingga 5 garis horizontal di dalamnya (termasuk garis depan dan belakang) dan 1 garis vertical di dalam kotak. Masing-masing garis akan dijaga oleh 1 orang yang hanya boleh bergerak searah garis yang dijaga. Kelompok penyerang akan berusaha melewati kotak yang dijaga tanpa tersentuh oleh kelompok bertahan. Dalam permainan ini akan bermanfaat untuk menumbuhkan rasa kerjasama, koordinasi dalam tim, serta mengasah tingkat akurasi.




Hal serupa juga dapat dirasakan ketika bermain ‘benteng’, permainan ini juga merupakan permainan yang dimainkan oleh dua kelompok. Masing-masing kelompok harus menentukan ‘benteng’ yang harus dijaga, biasanya benteng yang dipilih berupa tiang atau pilar. Kedua kelompok akan saling menyerang benteng dengan cara menempelkan tangan di benteng lawan, namun jika tubuh kita dipegang oleh pemain lawan maka kita akan menjadi tawanan mereka sehingga tak bisa menjaga benteng. Saat ditawan tangan kita harus memegang benteng lawan sebagai bentuk telah ditawan, agar dapat bisa lepas teman satu kelompok harus memegang kita saat ditawan. Tim yang menang ialah tim yang pertama kali memegang benteng lawannya. dari permainan ini manfaat yang dirasakan ialah tentu saja rasa kerjasama, tubuh yang sehat karena permainan ini akan membuat kita berlarian, dan sikap tidak gegabah karena jika gegabah dalam permainan ini dapat membuat kita menjadi tawanan lawan dan merepotkan anggota tim yang lain.



Permainan tradisional yang menurut saya bermanfaat dan juga dapat dipadukan dengan perkembangan jaman ialah Congklak. Permainan ini biasanya dimainkan oleh dua perempuan, dan merupakan permainan papan. Congklak berbentuk sebuah papan kayu dengan 7 lubang kecil di masing-masing sisi samping serta 1 lubang besar kedua ujung papan. Pemain akan memilih 1 sisi samping dengan 7 lubang kecil yang berisi 7 biji congklak ditiap lubang, pemain akan memindahkan biji congklak yang ada ke lubang besar yang menjadi sisi mereka. Setiap melewati lubang pemain harus meletakan biji congklak mereka, ketika biji congklak habis di lubang yang tidak ada biji congklak maka pemain harus berhenti dan pemain lawan akan memulai gilirannya. Namun jika tidak maka pemain akan terus meneruskan hingga biji congklak di sisi mereka habis dan menjadi pemenang. Dalam permainan ini kita dapat belajar mengukur akurasi dengan perhitungan yang matang, dan memikirkan strategi yang matang.



Permainan congklak harusnya dapat dimodifikasi dengan membuat versi modernya di smartphone sehingga anak-anak jaman sekarang tidak melupakan permainan tradisional. Tidak ada salahnya modern rasa tradisional.


Image source: 
http://image.slidesharecdn.com/tgterminado-130607052439-phpapp01/95/traditional-games-1-638.jpg
Nostalgia Permainan Tradisional Yang Penuh Manfaat. Nostalgia Permainan Tradisional Yang Penuh Manfaat. Reviewed by Imam Mahmudi on 20.32.00 Rating: 5

2 komentar:

Iqbal Awal mengatakan...

jadi kangen maen kelereng...

Iqbal Awal mengatakan...

Jadi kangen maen kelereng

Diberdayakan oleh Blogger.