Sampah dan Bisnis Online - tujuhrupa.com

Sampah dan Bisnis Online

Tiba-tiba seorang teman yang sudah cukup lama kami jarang berkomunikasi mengirim pesan lewat WhatsApp. Kami  saling bertanya kabar dan menjawab. Ternyata saat ini dia sedang berbisnis kecil-kecilan katanya. Usaha yang sedang ia gelatin cukup unik dan menarik, membuat karya kreatif dari limbah yang masih bisa didaur.


Usaha yang sedang dirintis dan digelutinya ini, ia menyebutnya sebagai sebuah usaha Social Entrepreneurship, berkarya dan berbisnis sambil melakukan kebaikan untuk Bumi dan sesama. Bisnis daur ulang ini bernama Amanzi Green Shop – Daur Ulang Ramah Lingkungan. Beberapa produknya antara lain:

Tempat alat tulis dari Koran



Tempat alat tulis ini dibuat dari kertas koran yang telah dilinting secara seksama oleh para pengrajin daur ulang. Dari jauh anda akan melihatnya seperti rotan biasa, namun jika anda melihat dari dekat, bisa jadi anda akan terkejut melihat bahwa rotan ini dibuat dari rotan bekas yang telah diolah sedemikian rupa sehingga menyerupai rotan alami.

Dengan membeli produk ini, berarti anda telah menyelamatkan bumi dengan mencegah sisa dari koran bekas masuk ke TPA (Tempat pembuangan Akhir) atau Landfill. Anda juga menyelamatkan hutan dari exploitasi rotan yang semakin hari semakin langka ditemukan.

Produk-produknya menarik, terlebih karena memang terbuat dari bahan yang bisa didaur ulang dan dihasilkan melalui proses kreatif yang cukup rumit. Saat saya tanya, produk-produknya dijual di mana? Ada toko atau gimana? Jawabanya bahwa produk daur ulangnya saat ini dijual di website, ia menggunakan salah satu penyedia toko online. Namun ia mengeluhkan, karena toko onlinenya masih sepi pengunjung, sehingga berpengaruh pada penjualan.

Maklum saja, teman saya ini, masih belum terlalu paham tentang dunia online. Sekarang ia menggunakan penyedia toko online, karena pada saat itu, ia mendapat iklan di Facebook, dan tanpa berpikir panjang, ia langsung daftar dan berlangganan 1 tahun.

Saya sempat bilang ke dia, kalau karya yang diproduksi nya ini punya nilai ekonomi dan sosial. Selain bisa menghasilkan uang, bisnisnya memiliki sisi sosial dan bisa diceritakan ke orang lain. Contohnya  Tempat alat tulis dari Koran tadi, bahan utamanya adalah koran-koran bekas, bahan baku ini bisa diperoleh di sekitar kita, di rumah, tetangga, atau bisa didapat dari pengumpul koran bekas.

Untuk pemasaran dan penjualannya sendiri, saya menyarankan agar dia tidak hanya terpaku pada 1 channel websitenya saja. Tapi bisa juga jual lewat iklan baris online terbesar di Indonesia, yaitu OLX.co.id. Misi dari bisnis social entrepreneurship teman saya ini mirip dengan OLX, untuk melakukan Reuse,  barang yang tidak terpakai dengan kondisi yang layak bisa mengurangi sampah lingkungan.

Menarik ya… 
Banyak cara sederhana untuk bisa menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar. Kalau bukan kita, siapa lagi? :D 
Sampah dan Bisnis Online Sampah dan Bisnis Online Reviewed by Imam Mahmudi on 16.34.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.