Weekend Getaway: Menjelajah Bandung Dari Tebing Keraton Hingga Leuwi Panjang (PART 1) - tujuhrupa.com

Weekend Getaway: Menjelajah Bandung Dari Tebing Keraton Hingga Leuwi Panjang (PART 1)


Berawal dari suntuknya pikiran saya memutuskan untuk mengambil cuti. haha hari demi hari saya lalu dengan melakukan kegiatan yang tidak bisa saya lakukan ketika sedang bekerja *yaiyalah.

Tanpa terasa hari-hari cuti saya pun sudah hampir menemui akhir, lalu saya memikirkan bagaimana mengakhiri masa cuti dengan gemilang sehingga saat kembali bekerja di hari Senin dapat dengan penuh semangat dan tanpa penyesalan??  Iseng-iseng saya pun mencari opentrip di situs perjalanan backpacker, satu trip yang menarik ialah one day trip ke Tebing Keraton dan saya memutuskan untuk ikut trip tersebut dengan biaya RP 230,000

  

Tebing Keraton di Bandung Selatan


Akhir-akhir ini memang Tebing Keraton ramai dibicarakan di social media, berlokasi di Kabupaten Bandung tempat ini tidak begitu jauh dari exit toll Pasteur. Jika saya tidak salah mengingat hanya berjarak sekitar 45 menit ke arah Dago atas dari tol Pasteur untuk sampai ke gerbang Tebing Keraton.

Memang untuk  mencapai Tebing Keraton dari gerbang masuk berjarak lumayan sekitar 2 – 3 KM, beruntung trip organizer menawarkan mobil pick up dengan biaya Rp 30,000/orang untuk naik keatas hahahaha jalan yang menanjak, rusak, dan hanya satu jalur sempit menjadi pengalaman tersendiri bagi kami peserta trip. Oia jika kalian kesana tanpa trip organizer kalian dapat menggunakan jasa ojek untuk naik keatas, dan dapat  dipastikan kalian akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan saat perjalannan naik hahaha 

Sesampai di atas tanpa buang waktu kami langsung ambil posisi untuk bergantian berfoto “diujung” Tebing Keraton yang punya view menyegarkan mata. Berhubung saat itu hari Sabtu, suasana cukup ramai sedangkan ‘puncak’ Tebing Keraton tidak terlalu besar. Jujur membuat agak kurang nyaman, karena harus berebutan spot foto dan yaaa lumayan berisik juga hehehe

 
Setelah puas berfoto-foto kami pun segera turun untuk melanjutkan perjalanan ke Hutan Kota Juanda. Berjarak tidak terlalu jauh dari Tebing Keraton kami memulai perjalanan di Hutan Kota Juanda dengan makan siang terlebih dahulu YEAYY! Dengan perut terisi kami mulai menjelajah dengan masuk ke Gua Jepang, oia tiket masuk Tebing Keraton sudah include dengan Hutan Kota Juanda.

 

Menjelajah Goa Jepang yang gelap pekat kami dipandu tur guide dan menyewa lampu senter, Goa Jepang tidak terlalu besar dan ternyata Goa tersebut belum sepenuhnya selesai dibangun kala itu.  Penjelajahan kami lanjutkan dengan berjalan sekitar +- 1 KM menuju Goa Belanda, jika malas berjalan ada kuda yang disewakan yaa. 

Goa Belanda lebih besar, namun sayang sudah banyak ornamen yang hilang dan sudah tidak sepenuhnya asli karena telah mengalami sedikit pemugaran.



Karena sudah cukup lelah berjalan dan ingin mengejar sunset di puncak bintang perjalanan di Hutan Kota Juanda kita tidak teruskan. Padahal masih ada curug atau air terjun yang bisa kita temukan disana.

Sesampainya di Puncak Bintang, kami langsung memesan tempat di rumah makan bukit moko terlebih dahulu agar dapat spot melihat sunset yang kece. Sambil menunggu sore kami berjalan-jalan ke hutan pinus dan tentu tak lupa berfoto-foto di puncak bintang. Biaya masuk cukup murah hanya Rp 8,000/orang sedangkan untuk makan hanya dengan beli voucher Rp 25,000 untuk dapat 1 makan besar dan 2 minum.




Namun sayang semesta tidak mendukung kami untuk melihat sunset karena hujan dan kabut. Beruntung trip organizer telah menyiapkan lampion terbang sebagai acara penutup kami. Sedikit terobati kekecewaan tidak melihat sunset dengan acara pelepasan lampion terbang bersama-sama.

Pelepasan lampion tidak semudah yang saya kira, karena banyak peserta trip yang tidak bisa mengembangkan lampion sehingga gagal terbang. haha Tak hanya itu gerimis yang kadang tiba-tiba deras membuat lampion kami basah dan ada juga yang menjadi sobek. Pelepasan lampion terbang memang menjadi satu alternatif kegiatan yang dapat dilakukan ketika sedang berkumpul bersama……..

video




Nyambung di post berikutnya yaa :D
Weekend Getaway: Menjelajah Bandung Dari Tebing Keraton Hingga Leuwi Panjang (PART 1) Weekend Getaway: Menjelajah Bandung Dari Tebing Keraton Hingga Leuwi Panjang (PART 1) Reviewed by Imam Mahmudi on 07.48.00 Rating: 5

1 komentar:

Fahmi mengatakan...

Wah, ada gua jepang juga ya deket tebing keraton? Kelewatan nih :|

Diberdayakan oleh Blogger.