Tips Aman Naik Sepeda Motor ala TujuhRupa

Om Imam
By -
0

Akhir-akhir ini marak pemberitaan mengenai kejahatan “begal” motor. Entah kenapa pemilihan kata “begal” menjadi judul disetiap berita. Beberapa kejadian pembegalan yang terjadi cukup mengkhawatirkan, karena tak hanya merampas kendaraan korban (biasanya sepeda motor) para pelaku juga melukai bahkan membunuh korban.


Memang cukup mengerikan fenomena kriminal yang terjadi belakangan ini, saya sendiri kerap terpaksa pulang malam dengan sepeda motor sehabis kerja. Cukup membuat saya khawatir, bahkan belakangan saya sendiri lebih sering menggunakan angkutan umum ketika pulang. Beberapa upaya guna meredam fenomena begal pun sudah dilakukan berbagai pihak, masyarakat bergerak dengan campaign konvoi bareng saat pulang lalu pihak kepolisian mulai rutin mengadakan patroli saat malam hari.





Namun berkendara khususnya sepeda motor juga harus diperhatikan tak hanya untuk menghindari kejahatan begal, tapi agar aman, nyaman, dan selamat. Berikut beberapa hal yang kerap para bikers lupakan.


1. Aspek keamanan, beberapa pengendaran kerap lalai dalam hal penggunaan helm yang aman. Mulai dari ukuran yang tidak sesuai, helm tak berstandar SNI, hingga bahkan masih banyak yang tidak menggunakan helm dengan alasan tujuannya dekat. Penggunaan jaket juga termasuk salah satu aspek keamanan, selain mencegah masuk angin jaket juga akan berfungsi sebagai peredam ketika kita terjatuh. (amit-amit yaa teman jangan sampai kita terjatuh di jalan).


2. Aspek kenyamanan. Penggunaan pakaian yang nyaman saat berkendara juga penting, ketika pakaian yang kita gunakan tidak nyaman tentu akan mengganggu kosentrasi di jalan. Terutama penggunaan celana, pastikan yang nyaman yaa, oia pastikan juga menggunakan sepatu saat berkendara. Penggunaan sendal lebih beresiko terlebih lagi saat hujan. Kalau saya sih terbiasa menggunakan sarung tangan, karena lebih nyaman melindungi tangan dari sengat matahari dan lebih enak saat menggenggam pedal gas atau saat melakukan pengereman :D


3. Aspek kelengkapan berkendara. Akhir-akhir ini saya sering melihat sepeda motor tanpa nomor polisi, padahal ini hal yang amat penting bagi motor anda. Karena nomor polisi akan menjadi tanda kepemilikan dan tentu saja motor tanpa nomor polisi akan lebih mudah menjadi target pencurian. Aspek yang menurut saya tak kalah penting ialah selalu bawa surat-surat kendaraan seperti SIM dan STNK. Saya sendiri menggunakan dompet stnk yang ‘nempel’ dengan kunci motor, hal ini agar saat saya mengendarai motor saya tidak akan ketinggalan STNK motor saya. Dompet STNK juga berfungsi menyimpan tiket parkir, sehingga resiko tiket parkir hilang dapat diminimalisir. haha


Selalu berkendara dengan hati-hati, dewasa, dan bertanggung jawab ya teman-teman.

image source:
http://electriccityabate.weebly.com/uploads/4/0/8/0/40802235/18259_orig.jpg

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!