Iklan Merokok Membunuhmu Menghalangimu Merokok?? - tujuhrupa.com

Iklan Merokok Membunuhmu Menghalangimu Merokok??


Pemerintah sudah mulai aktif untuk mengurangi jumlah perokok, berbagai kampanye anti rokok dijalankan. Hal ini mengingat bahaya rokok yang ditimbulkan bagi masyarakat yang merokok sudah dalam tahap memprihatinkan, bahkan saya pernah mendengar bahwa biaya kesehatan untuk para perokok lebih besar jumlahnya dibanding keuntungan yang dihasilkan produsen rokok.



Salah satu bentuk  kampanye anti merokok yang paling sering kita lihat ialah adanya gambar menyeramkan dalam setiap bungkus rokok dan iklan produk rokok. Dulu hanya berisikan peringatan penyakit atau akibat yang disebabkan jika kita merokok, kini peringatan tersebut dibuat lebih singkat menjadi “Merokok Membunuhmu” yang disertai gambar menyeramkan seperti tengkorak atau bagian mulut dan paru-paru yang rusak akibat merokok.





Tak hanya itu nampaknya sekarang aktivitas Integrated Marketing Communication para produsen rokok dibatasi, terlihat dari beberapa acara besar tahunan di Indonesia seperti festival jazz yang biasanya disponsori oleh produsen rokok kini sudah tidak disponsorinya dan kini festival jazz tersebut disponsori oleh salah satu bank, kalian tau kan apa nama festival jazz tersebut? hehehe



Berbagai billboard penolakan atau larangan merokok pun sudah kerap dijumpai di jalan-jalan protokol ibukota. Beberapa pihak menilai kampanye anti merokok yang dilakukan sudah efektif, memang saya beberapa kali menemui para perokok yang hendak membeli rokok di minimarket berusaha menghindari bungkus yang ada gambar menyeramkan pada awal munculnya peraturan gambar menyeramkan, khususnya para wanita. Mereka memang menjadi takut/jijik/enek ketika melihat gambar menyeramkan tersebut, tapi bukan orang Indonesia namanya jika tidak “kreatif” beberapa produsen rokok kini menjual Kotak Rokok untuk menyimpan rokok tidak di dalam bungkus rokok dengan gambar menyeramkan. haha Kini kotak rokok dengan berbagai bentuk dan merk sudah dapat mudah ditemukan, harganya pun dapat dibilang terjangkau.



Lalu apakah peraturan gambar menyeramkan tidak lagi efektif?? Menurut saya jika memang ingin mengurangi jumlah perokok dibutuhkan peraturan yang lebih tegas dan mungkin hal-hal lain perlu dibenahi. Tapi bagi saya yang terpenting untuk sekarang ini ialah ketegasan akan peraturan untuk tidak merokok di tempat umum, dalam gedung, serta trasnportasi umum. Hal ini lebih penting sekarang agar masyarakat yang bukan perokok tidak terganggu dengan perokok, anak-anak usia dini juga lebih diawasi karena bagi saya merokok adalah sebuah tindakan yang harus penuh tanggung jawab dan saya rasa anak-anak usia dini belum bisa mengambil tanggung jawab itu.



Oia saya rasa ketersedian public space seperti taman kota dan aktvitas positif seperti festival rakyat juga diperlukan untuk menekan jumlah perokok. Karena jika ada hal-hal tersebut tingkat stress masyarakat dapat menurun, biasanya para perokok memilih untuk merokok karena sedang penat atau stress bukan? :)


Image Source:
http://b-i.forbesimg.com/robwaters/files/2014/01/the-finger-right-size.jpg
Iklan Merokok Membunuhmu Menghalangimu Merokok?? Iklan Merokok Membunuhmu Menghalangimu Merokok?? Reviewed by Imam Mahmudi on 21.00.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.