Generasi Koyo, Balsem dan Jamu - tujuhrupa.com

Generasi Koyo, Balsem dan Jamu


Meskipun teknologi telah maju dalam berbagai bidang, namun kerap kita masih berpatokan atau menggunakan hal-hal tradisional dan yang bersifat vintage. Hal tersebut juga berlaku dalam bidang kesehatan, teknik pengobatan hingga jenis obat baik generik maupun paten telah mengalamai kemajuan yang pesat. Berbagai jenis pengobatan modern yang dapat menyembuhkan berbagai jenis penyatik dan dengan waktu yang lebih singkat dapat dengan mudah kita temui, tapi beberapa diantara kita masih senang dengan pengobatan tradisional baik herbal atau hal-hal yang biasa dilakukan oleh orang tua kita dulu. Salah satu-nya jika masuk angin, keseleo, atau mungkin tidak enak badan, biasanya jika kita ke dokter kita akan disuruh istirahat diberikan beberapa vitamin namun jika menurut orang tua yaa terkadang cukup dibalurkan minyak urut atau balsem dan mungkin ditempel koyo. hahaha

Bagi beberapa orang memang lebih nyaman tubuhnya dibaluri oleh minyak urut dan balsem atau ditempel koyo dibandingkan harus meminum obat dari dokter. Beberapa alasannya mungkin karena sakit yang mereka derita tidak begitu parah jadi cukup dengan dibalurkan balsem sudah dapat teratasi. Memang nikmat rasanya dibaluri minyak urut saat badan terasa tidak enak karena masuk angin atau menempelkan koyo di kepala saat terasa pusing, namun perlu dipastikan orang-orang di sekitar kita tidak terganggu dengan bau yang dihasilkan oleh minyak urut atau balsem tersebut.

Kemajuan teknologi juga terjadi di dunia pengobatan minyak urut dan koyo, seperti beberapa minyak urut/angin sekarang dalam bentuk botol kecil yang mudah dibawa-bawa dan mempunyai wangi aromatheraphy sehingga kemungkinan menimbulkan bau yang menggangu bagi orang lain menjadi kecil. Untuk koyo tak hanya jenis panasnya yang beragam sekarang, bahkan beberapa koyo dapat berfungsi sebagai detok bagi racun dalam tubuh dan koyo pelangsing yang berguna untuk menghancurkan lemak dalam tubuh.

Memang tidak ada salahnya tetap menggunakan pengobatan minyak, balsem, atau koyo, namun perlu dipastikan jika sakit berlanjut hubungi dokter. Terlebih lagi jika keseleo jangan diurut sendiri, teman saya ada yang pernah tergelincir dari tangga rumahnya, dia berpikir hanya perlu diurut namun ibu-nya bersikeras harus ke dokter dan ketika dironsen ototnya ternyata terkena dampak seperti robek sehingga ia harus menggunakan tongkat untuk berjalan selama beberapa minggu. Oia yang terpenting ialah tetap jaga kesehatan seperti pola makan dan rajin berolahraga :)

image source: 
http://www.spiritofhealthkc.com/wp/wp-content/uploads/2011/12/herbs-larger-pic.jpg
Generasi Koyo, Balsem dan Jamu Generasi Koyo, Balsem dan Jamu Reviewed by Imam Mahmudi on 22.59.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.