Bikin NPWP Pribadi - tujuhrupa.com

Bikin NPWP Pribadi

Baiklah… Kali ini saya ingin berbagi pengalaman, bagaimana membuat NWP Pribadi di Kantor Pajak Bekasi. Semoga informasi ini berguna buat kalian.

Bagi saya (saat itu) NPWP atau kepanjangan dari Nomer Pemilik Wajib Pajak menjadi hal yang sangat mendasak, kenapa? Karena ternyata ini sangat dibutuhkan saat kita terdaftar sebagai karyawan/pegawai suatu perusahaan yang besar. Selama belum punya NPWP, selama itu juga saya “di-terror” orang-orang HRD dan Finance hehehehe…

Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bekasi Selatan /dok pribadi

Sebagai warga negara yang baik *halah*, akhirnya saya memberanikan diri untuk membuat NPWP. Memang, membuat NPWP itu bisa dilakukan lewat online, tapi, saya putuskan untuk offline saja. Simak langkah-langkahnya berikut:

1. Cari informasi lokasi Kantor Pajak yang sesuai dengan domisili KTP.
Cek alamat lengkap yang tertulis di KTP! Siapa tau ada juga yang gak hafal alamat rumah sendiri *dikepruk*. Nah! Setelah itu, kita coba cari tau di Google, ketik aja kata kunci: “Kantor Pajak wilayah [kecamatan kamu]". Nanti akan ada hasilnya, ternyata wilayah kamu termasuk di Kantor Pajak Pratama (KPP) jalan blablabla.

Bagi saya yang tinggal diperbatasan Jakarta – Bekasi, ini agak merepotkan! Karena, aktivitas sehari-hari berada di Jakarta, namun administrasi kependudukan dan lain-lain masuk Bekasi, dan saya jarang (hamper nggak tau) nama-nama jalan di Bekasi.

2.  Datanglah ke Kantor Pajak tersebut sebelum jam 8 pagi.
Apah?!!! Jam 8 pagi…?!!! Di weekdays pulaaak…?!! Yoih! Artinya buat kamu yang kerja kantoran atau semacamnya, kamu harus izin ke atasan sehari sebelumnya, minta izin, kalo kamu harus bikin NPWP di KPP tersebut pagi-pagi. Dan yang penting, sarapan dulu lebih baik.

Nomor antrean di Kantor Pajak Bekasi / dok. Pribadi

Percaya nggak, kalo sebelum jam 8 pagi itu kantor pajak udah penuh antrian? Dan saya percaya itu hahahaha. Beberapa Kantor Pajak membatasi jumlah pemohon NPWP Pribadi dalam sehari jumlahnya hanya 100 pemohon. Ya maklumlah, terbatas jam kerja pegawai dan jumlah petugasnya. Kenapa nggak ditambah petugasnya yah…? Hmm…

3. Jangan ambil nomor antrian dulu!
Iya, jangan ambil noor antrian dulu! Sebelum itu, sebaiknya Tanya ke petugas, “Pak/mba, kalo mau buat NPWP Pribadi gimana yah?”, nanti kamu akan diarahkan ke jalan yang benar *ngek!*, kamu akan disuruh ambil dan isi form permohonan NPWP Pribadi (untuk yang tidak mengisi di online). Setelah itu, baru deh, kamu ambil nomor antrian. Jangan kaget, kamu antrian ke berapa? =))

4. Selamat  Menunggu…
Nanti ada petugas dengan menggunakan pengeras suara yang bertugas teriak nomor-nomor antrian, dengerin doi baik-baik, karena biasanya akan ada kategori panggilan yang beda-beda, karena orang-orang yang datang ke kantor pajak urusannya bukan cuman NPWP Pribadi, ada yang urusannya sama NPWP Massa *cmiiw*, SPT, dll deh. Biasanya doi teriak begini: “SPT. Nomor 350 sampai dengan 355 silahkan masuk…” Jadi, dengerin baik-baik, fokus! Jangan sampe kelewat deh…



5. Kasih form permohonan NPWP Pribadi ke petugas input data.
Kalau kamu udah di tahap ini, artinya, kamu nggak akan lama lagi berada di kantor pajak tersebut. Petugas akan minta form yang kamu ambil da isi tadi, doi akan ngecek. Oiya, jangan lupa bawa foto copy KTP 1 lembar. Doi langsung input data, ngeprint surat NPWP dan kartu NPWP dengan nama kita. Dan, bergegaslah keluar dari kantor pajak, udah selesai, coooy….!!!

Yes! Selamat! Kamu sudah resmi punya NPWP, dan termasuk golongan orang-orang yang wajib pajak. :p

Demikian info singkat tentang Bagaimana membuat NPWP Pribadi, semoga bermanfaat, kalo ada pertanyaan, silahkan isi kolom komentar di bawah ini yah…
Bikin NPWP Pribadi Bikin NPWP Pribadi Reviewed by Imam Mahmudi on 00.41.00 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.