Tips Cerdas di Media Sosial - tujuhrupa.com

Tips Cerdas di Media Sosial

Cara hack Facebook, Cara dapat follower banyak, dan banyak kata kunci lainnya yang berhubungan dengan "kecurangan di social media" menjadi salah satu alasan kenapa kita harus berlaku cerdas di social media.



Simak beberapa tips berikut:

Top 5 Social Media Attacks, 2013 (Sumber: Symantec):
Penawaran Palsu. Penipuan jenis ini mengundang anggota jejaring sosial untuk bergabung di event atau group palsu dengan iming-iming voucher dan sejenisnya. Syarat untuk bergabung adalah pengguna harus berbagi informasi penting dengan pelaku atau mengirimkan SMS ke nomer premium.

Penipuan Plug-in Palsu.
Pengguna dikelabui agar mengunduh extension berbahaya untuk browser di perangkat mereka. Extension yang berbahaya ini bisa saja tampak seperti extension sungguhan, namun saat dipasang malah mencuri informasi sensitif dari komputer yang terjangkiti.

Likejacking alias Pembajakan Like.
Melalui tombol “Like” palsu, penyerang menjebak pengguna agar mengklik tombol web yang memasang program jahat di komputer mereka dan mungkin juga mem-posting tulisan lewat akun pengguna, guna menyebarkan dirinya lebih jauh.

Aplikasi Palsu.
Aplikasi disuguhkan oleh pelaku dengan wujud seperti aplikasi sungguhan; padahal sesungguhnya ada program jahat di dalamnya. Pelaku seringkali mengambil aplikasi sungguhan, lalu membungkusnya dengan program jahat, kemudian dirilis sebagai versi gratis dari aplikasi berbayar tertentu.

Penipuan Lewat Sharing Manual.
Jenis ini menggiring korban untuk menjadi penyebar aksi penipuan, dengan cara menghadirkan video yang menarik, penawaran palsu ataupun pesan-pesan yang bisa dibagikan oleh korban ke teman-temannya tanpa sadar akan bahaya di baliknya.


Lindungi diri dari jebakan social media:
Lindungi diri Anda dari jebakan social media dengan langkah sederhana berikut ini
Berikut ini tips sederhana yang bisa Anda ikuti:
Berhati-hati: Hati-hati akan isi profile page Anda dan hal-hal yang Anda posting di sana, di forum, pesan instan ataupun bentuk komunikasi elektronik apapun. Ini akan membantu mencegah pencurian identitas atau ancaman lainnya. Perhatikan hal-hal seperti nama orang dan bisnis, alamat, nomor telepon, tanggal lahir dan informasi lain yang bisa membuat Anda terbuka pada serangan. Hanya cantumkan informasi yang sifatnya umum, tidak spesifik, sehingga orang lain akan sulit memanfaatkannya untuk menyerang Anda.

Skeptis itu baik: Meski jejaring sosial memiliki banyak informasi, berguna dan tidak, sangat penting bagi Anda untuk menjaga sikap skeptis. Orang sering berbohong demi keuntungan sendiri, atau sekadar “nyampah” karena tidak peduli.

Pikirkan sebelum diucapkan: Internet memang punya kadar anonimitas tertentu, tapi seringkali Anda jadi korban dari sesuatu yang pernah Anda lakukan di masa lalu. Termasuk hal-hal seperti ucapan kasar, hinaan ataupun pernyataan yang tak berdasar. Tenang saja, kalem dan profesional. Intinya, pikirkan dulu sebelum dituliskan.

Profesionalisme itu baik: Apapun yang Anda taruh online, mulai dari foto, video hingga update status akan bisa dilihat oleh seluruh dunia. Hanya sampaikan informasi yang menurut Anda tidak apa-apa jika semua orang tahu. Selain pencuri cyber, seringkali kampus atau perusahaan akan melihat profil jejaring sosial Anda untuk mencari tahu lebih lanjut. Jadi, gunakan akal sehat dan tetap profesional.

Selalu Waspada: Apa Anda yakin orang yang Anda ajak bicara adalah sungguhan? Seringkali, apa yang tampak tidak sama dengan yang sesungguhnya. Kecuali Anda bisa melakukan verifikasi identitas lawan bicara Anda, jangan ungkap informasi pribadi, keuangan dan bisnis Anda padanya.

Periksa Pengaturan Privasi Anda: Jejaring sosial kerap dikritik karena memungkinkan orang lain melihat informasi Anda, meskipun mereka bukan “teman”. Meski demikian, umumnya mereka punya panduan dan aturan privasi. Pastikan Anda memeriksa pengaturan privasi itu dan membatasi akses pada informasi pribadi Anda.

Hati-hati Undangan Palsu: Hati-hati akan undangan palsu di social media. Jangan terima undangan event yang mengiming-imingi hadiah di jejaring sosial. Biasanya, syarat untuk gabung adalah menyerahkan informasi pribadi dan kartu kredit, yang bisa membuat Anda rentan pada serangan atau penipuan.


Norton 360 Multi-Device:
Melindungi Beragam Perangkat dengan Solusi Tunggal melalui Norton 360 Multi-Device

Sementara kita masih menunggu hadirnya satu perangkat yang akan bisa menggabungkan semua fitur smartphone, tablet dan komputer dalam satu benda, kita akan terus menambah jumlah perangkat yang digunakan dalam kehidupan digital. Seiring semua orang di dunia menjadi ‘pribadi dengan banyak perangkat’, ancaman cyber yang ada juga makin meningkat.

Perlindungan terbaru Norton 360 Multi-Device dari Norton by Symantec melindungi keseharian online kita dari ancaman yang sedang berkembang. Versi yang terbaru ini meningkatkan lagi kemampuan dan perlindungan yang saat ini sudah terdepan di industri, dan ia dirancang untuk memiliki kompatibilitas dengan fitur-fitur baru Windows 8.1. Norton 360 Multi-Device hadir dalam lisensi tunggal yang bisa melindungi hingga lima perangkat yang berbeda.

Menurut Laporan Ancaman Keamanan Internet Symantec 2013 (2013 Internet Security Threat Report), serangan web meningkat 30 persen di 2012, didorong oleh makin mudahnya akses ke toolkit pembuatan malware dan tingginya situs dengan kelemahan yang belum ditambal. Kita makin mudah terpapar oleh ancaman cyber, bahkan saat mengunjungi situs yang resmi, hal ini mengancam informasi pribadi dan perangkat yang kita miliki. Norton 360 Multi-Device secara aktif akan melindungi perangkat dari ancaman online, tanpa berdampak pada kecepatan dan performa.

Lima layer perlindungan terpatenkan dari produk Norton 360 Multi-Device menyajikan perlindungan komprehensif, peningkatan performa dan kemudahan penggunaan. Berikut adalah beberapa fitur utamanya:

Perlindungan Beragam Perangkat – Piranti lunak Norton 360 Multi-Device menyediakan perlindungan untuk semua perangkat – PC, Mac, iPhone, iPad dan tablet maupun smartphone Andrioid.

Perlindungan Behavioural SONAR – SONAR akan mendeteksi tanda-tanda bahaya dari sebuah file, sehingga secara proaktif mampu melindungi Anda dari ancaman yang belum pernah dilihat sebelumnya. Ini akan membantu penghapusan dan pembersihan malware dengan menyimpan bukti serangan yang kemudian bisa digunakan oleh teknologi pemulihan dari Norton. Upaya penyembuhan ini akan membantu memastikan semua bekas serangan malware dihapus dan sistem akan kembali ke kondisi semula.

Sistem Perlindungan Internet (Internet Protection System) – Fitur ini akan melindungi perangkat-perangkat Anda secara aktif dari ancaman online. Sistem ini akan menjelajahi situs web dan jejaring sosial untuk mencari tautan serta konten mencurigakan sehingga bisa mengidentifikasi penipuan terbaru yang beredar di jejaring sosial.

Parental Control – Fitur ini membantu melindungi anak Anda dari bahaya online dengan menyediakan akses langsung ke Norton Family. Ini adalah layanan berbasis web yang membantu menghubungkan orangtua dengan kehidupan online anaknya dan menciptakan dialog mengenai kebiasaan online yang sehat.

Performa Lebih Cepat – Berdasarkan pengujian terbaru, dibandingkan keluaran tahun sebelumnya, produk-produk Norton mengalami peningkatan waktu booting 15 persen, waktu instalasi 10 persen dan perbaikan penggunaan memory saat pemindaian hingga 100MB, artinya performanya adalah yang tercepat dan paling ringan (Sumber: PassMark, Agustus 2013)

Menemukan Ponsel/Tablet Hilang – Fitur Scream Alarm akan memberi peringatan akan lokasi perangkat yang terselip, dan fitur Remote Locate akan menunjukkan lokasi perangkat yang dicuri pada peta.

Norton Identity Safe yang Lebih Baik – Norton Identity Safe akan mengingat, mengamankan dan otomatis memasukkan username serta password Anda, sehingga tak akan hilang atau dicuri. Keluaran terbarunya menawarkan peranti manajemen password yang lebih baik, termasuk pengisian form, fungsi drag-and-drop dan pencarian penuh pada brankas langsung dari toolbar agar bisa mengelola password yang ada dengan lebih aman dan nyaman.


Norton 360 Multi-Device:
Versi terbaru dari Norton 360 Multi-Device, saat ini tersedia untuk dibeli di Indonesia melalui berbagai peritel atau online di www.norton.com. Harga ritel yang disarankan (MSRP) untuk Norton 360 Multi-Device adalah Rp 510,000, yang mencakup perlindungan selama satu tahun untuk maksimal lima perangkat.



Beberapa waktu lalu, saya bikin kuis dengan hashtag #IDNorton

Ini dia pemenangnya:




Selamat yah...

Semoga informasi ini bermanfaat... :)
Tips Cerdas di Media Sosial Tips Cerdas di Media Sosial Reviewed by Imam Mahmudi on 22.56.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.