Kita-pun Bisa Menjadi Korban Berita Hoax - tujuhrupa.com

Kita-pun Bisa Menjadi Korban Berita Hoax

Belum lama ini via media sosial Bimbim Slank dikabarkan meninggal dunia karena serangan jantung, namun ternyata kabar yang beredar tersebut adalah kabar hoax alias kabar bohong.

Ternyata kabar hoax bisa terjadi pada siapa saja, bukan hanya pada selebritis, atau tokoh. Teman saya dikabarkan meninggal dunia, mendapat kabar itu, saya tidak langsung menyebarkan informasi tersebut, namun yang saya harus lakukan adalah menelpon orang terdekatnya, untuk mengecek apakah kabar tersebut benar atau tidak.


Kabar mengenai kematian sesorang sangatlah sensitif, untuk itu saya menanyakan hal tersebut dengan cara yang sekiranya tidak membuat panik orang yang akan saya tanyakan mengenai kabar tersebut.

Saya menelpon, teman dekatnya alias pacar dengan kalimat ini:

"Gue dapet kabar kalo si B kenapa-napa yah? Coba elu telpon, nanti gue telpon lagi ya..."

Setelah itu saya menelpon kembali:
"si B gak kenapa-napa kok! Wong, yang terima telpon juga dia, emang kenapa?"

"Enggak, gue dapet kabar tadi kalo si B meninggal, parah banget tuh orang yang bikin kabar hoax begitu, lagi mabok kali tuh orang"

"Ah! Parah tuh orang, untung lu nanyanya kalo si B kenapa-napa, bang. Coba kalo lu ngabarin si B meninggal, gue pasti panik dan gak tau harus ngapain"

Sekali lagi, bahwa kabar hoax bukan hanya terjadi pada selebritis, tapi juga bisa terjadi kepada kita, atau teman-tteman kita.

Cek dan ricek lebih baik!

Akhirnya, terkutuklah mereka yang sering membuat dan mengabarkan kabar hoax...
Kita-pun Bisa Menjadi Korban Berita Hoax Kita-pun Bisa Menjadi Korban Berita Hoax Reviewed by Imam Mahmudi on 23.46.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.