XL Gila-gilaan...!!! - tujuhrupa.com

XL Gila-gilaan...!!!

Baru kemarin IM3 mengeluarkan program 0,00000000001/detik ke lain operator, hari ini, 5 Maret 2008, XL secara resmi mengeluarkan program Rp. 600, sampe puaaasssss. (Situs resminya dapat dilihat disini)

Tapi, sebelum saya mulai menghitung, terlebih dulu saya akan mengomentari iklan yang hari ini mulai disebarkan kemana-mana.

Yang pertama adalah, tulisan pada Banner/Iklan tersebut tertulis “Tarif Termurah (dijamin) ke semua operator.” Kemudian pada baris berikutnya tertulis kalimat “Rp. 600 sampe puaasssss”

Intrepretasi atau penafsiran yang muncul bagi masyarakat apabila melihat sepintas hal ini adalah “Tarif termurah ke semua operator, Rp. 600 sampai puas”

Padahal, lagi-lagi itu salah penafsiran, karena 600 sampai puas itu berlaku untuk sesama XL apabila melakukan panggilan dari pukul 23.00 sampai dengan 10.59.

Penjelasan lagi-lagi berada pada bagian bawah dengan font yang kecil. Apalagi saya yakin bahwa iklan ini akan disebarkan dalam berbagai bentuk, dimana penjelasan rinci tidak mungkin diikutkan pada versi iklan yang lebih kecil. Paling hanya tulisan “Info lebih lanjut, buka xl.co.id” :-D

Kalau begitu, berapa tarif XL ke lain operator saat ini ? Benarkah statemen “dijamin termurah ?”

Untuk menghitung hal tersebut, saya menggunakan tabel tarif yang dikeluarkan oleh XL sendiri.

Rinciannya seperti berikut:

  1. Pemakaian 90 detik

    Biaya yang dikeluarkan pada skenario ini masih tetap sama dengan tarif sebelumnya, yaitu 90 x 25 = Rp. 2.250,-

  2. Pemakaian 120 detik (2 menit)

    Ini adalah batas akhir program dengan biaya Rp 25/detik, sehingga biaya yang harus dikeluarkan adalah 120 x 25 = Rp.3.000,-

  3. Pemakaian 180 detik (3 menit)

    Ini adalah skema yang termurah untuk XL, dimana tarif setelah 120 detik atau 2 menit dianggap gratis, jadi tidak ada pengulangan tarif. Pelanggan membayar (120 x 25) + (60 x 0) = Rp. 3.000,-

  4. Pemakaian 240 detik (4 menit) sampai 600 detik (10 menit)

    Sama dengan point nomor 3

  5. Pemakaian 660 detik (11 menit)

    Skenario ini adalah skenario yang “unik” dari XL, karena tarif tidak kembali ke Rp. 25/detik seperti skenario XL 0,1/detik yang dulu, melainkan turun menjadi Rp. 10/detik. Dengan skenario ini, maka biaya yang harus dikeluarkan adalah (120 x 25) + (480 x 0) + (60 x 10) = Rp. 3.600,-

  6. Pemakaian 900 detik (15 menit)

    Saya mencoba untuk menghitung pembulatan 15 menit, agar ada perbandingan harga yang cukup besar dengan skenario sebelumnya. Biaya yang dikeluarkan adalah (120 x 25) + (480 x 0) + (300 x 10) = Rp. 6.000,-

Nah, sekarang bagaimana kalau dibandingkan dengan program IM3 yang 0,00000000001/detik ?

Di bawah ini adalah tabel yang saya coba buat untuk menghitung hal tersebut:

Terlihat bahwa kali ini XL cukup “telak” mengungguli IM3 dalam panggilan biaya ke lain operator. Khususnya apabila panggilan dilakukan diatas 4 menit. Namun, dibawah itu, IM3 masih unggul.


Silakan menyimpulkan dari hal ini :-D

Namun, biar bagaimanapun,
PERANG TARIF ANTARA OPERATOR SELULER
SANGAT MENGUNTUNGKAN KONSUMEN...


PUAASSSSS....????? PUAASSSS....????!!!!!!


XL Gila-gilaan...!!! XL Gila-gilaan...!!! Reviewed by admin on 14.08.00 Rating: 5

6 komentar:

Fitria mengatakan...

Analisisnya bagus, i'm impressed with the detail :)

Kalo soal iklannya, itu memang strategi marketingnya.. jadi memang dia "sengaja" menipu,, padahal bukan menipu juga, hanya meminta konsumen lebih detail.. dan targetnya,, pasti memperbanyak kosumen berkat rayuan yang terkesan "tipuan"nya itu.. atau minimal.. mengundang kritisasi seperti yang kamu lakukan ini.. ujung2nya.. (biarpun sebel) kamu tetep inget sama produknya, kan?
berarti iklannya berhasil!!! HORE!!!

saran : gunakan minat dan kemampuan analisis yang baik ini buat skripsi kamu ya.. sangat mungkin perusahaan telekomunikasi sangat tertarik dengan kemampuan ini... :)
[karena judul skripsi itu nilai tambah buat kita--sesuai/tidak dengan minat perusahaan]

rizky mengatakan...

intinya semua ini hanya bikin telinga kita panas

sassy mengatakan...

haha... saya siy gak pernah mempan kena rayuan2 tarif murah.. kadang malah bikin tambah boros secara dipake untuk hal2 yg gak penting. Jadi, mending kita nya ndiri aja yang nahan diri supaya gak boros..

neny zulaiha mengatakan...

XL, terutama Bebas, memang sering menang untuk urusan murah-murahan nelfon. Tapi, kalau ditelpon, kira-kira mana ya yang skema tarifnya paling murah?? Setahu saya, kalau XL ditelfon, nyedot pulsanya guanaas buaget. Jadi, masak ya kita suruh nelfon terus??? Bukankah mendhing nyari nomer yang murah untuk nelfon, dan lebih murah lagi kalau ditelfon, biar orang seneng nelfon kita daripada meminta kita menelfon mereka???

Btw, Kok yang dibandingkan cuma 2, mas??? Gimana kalau ngebandingin dengan yang lain???

Abimanyu mengatakan...

ahhh... saya lebih seneng sms-an.. klo nelpon ya pake telp rumah.. sepuas2nya.. he666.. toh saya enggak bayar!! yang bayar kan bokap saya!! wekwkwkwkw.. dasaaar licik!!!

KeCeBoNg mengatakan...

infonya bermanfaat banget..
secara saya sempat tertipu dengan iklannya XL, hikz..

Diberdayakan oleh Blogger.